Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik Kabupaten Barito Timur mendapatkan kunjungan dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tabalong

Last Updated: 01 August 2023
Hits: 5728

Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik Kabupaten Barito Timur, Kamis (18/8/22) mendapat kunjungan dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tabalong Provinsi Kalimantan Tengah. Rombongan Diskominfo dari Kabupaten Tabalong ini dipimpin oleh Kepala Bidang Statistik  dan Persandian Zainal Hakim, S.Sos beserta  rombongan. Tujuan kedatangan Diskominfo Kabupaten Tabalong adalah untuk kaji banding program kerja di bidang statistik sektoral dan persandian di Barito Timur. Kedatangan rombongan dari Kabupaten Tabalong, disambut hangat oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Diskominfosantik) Kabupaten Barito Timur Drs. Dwi Aryanto didampingi oleh Kepala Bidang Persandian dan Statistik dan Staf. Diskusi dan tanya jawab terjadi diantara pertemuan kedua dinas itu.

Diskominfo Tabalong pada kesempatan tersebut menanyakan bagaimana cara pengelolaan statistik sektoral dan persandian di Kabupaten Barito Timur. Kepala Diskominfosantik Kabupaten Barito Timur melalui Kepala Bidang Persandian dan Statistik Diskominfosantik Bpk. Ari Opu Pahandrian M, ST menjelaskan statistik sektoral dan persandian pada Diskominfosantik Kabupaten Barito Timur, dibangun secara bertahap dimulai tahun 2020 dengan dukungan dari  Bupati Barito Timur Ampera A.Y. Mebas. Dijelaskan oleh Ari, bahwa Bupati Bartim yang memberi dukungan dan memperkuat Bidang Persandian dan Statistik dengan menambah kata persandian dan statistik  pada numenklatur Dinas.  Awalnya nama dinas hanya Dinas Komunikasi dan Informatika, pada peraturan terbaru kemudian menjadi Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik. Dengan kerja tim yang solid antar bidang lingkup Dinas Kominfosantik, maka pekerjaan Diskominfosantik yang berperan sebagi wali data dapat di laksanakan. Mantan Sekcam  Patangkep Tutui ini juga menjelaskan, Diskominfosantik Kabupaten Barito Timur sudah melakukan komitmen bersama untuk membentuk Forum Komunikasi Satu Data Kabupaten Barito Timur, sehingga kegiatan perencanaan data, pengumpulan data, verikasi data, dan publikasi data dapat menghasilkan data-data yang valid sesuai prinsip Satu Data Indonesia dapat dilaksanakan.  Pada tahap publikasi untuk saat ini dilakukan  pembuatan buku statistik sektoral Kabupaten Barito Timur,  buku tersebut dipublikasikan melalui media sosial dan website https://statistik.baritotimurkab.go.id/

Dijelaskan juga, untuk urusan persandian Diskominfosantik Kabupaten Barito Timur mempunyai inovasi berupa sistem E-SIGN Barito Timur, dimana sistem ini menjamin keamanan informasi dokumen elektronik seperti tandatangan-paraf koordinasi dan penyimpanan arsip-arsip surat dapat dilakukan dalam sistem ini. Pada versi terbaru sistem E-SIGN Barito Timur terdapat fitur notifikasi secara otomatis melalui WhatsApp (WA) kepada user jika ada dokumen elektronik yang perlu ditelaah, diparaf dan/atau di tanda tangan, sehingga dimanapun dan kapanpun kegiatan administrasi perkantoran dapat dilakukan melalui sistem E-SIGN Barito Timur yang telah bekerjasama dengan Balai Sertikasi Elektronik (BSrE) Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN),” paparnya.

Bidang Persandian dan Statistik pada kesempatan tersebut juga melakukan demo sistem E-SIGN Barito Timur yang dilakukan oleh M. Yuda Maulana, dimulai dari tahapan pembuatan surat, paraf koordinasi dari staf sampai dengan kabid, dilanjutkan tanda tangan kepala dinas, dan penjelasan singkat kerja sistem E-SIGN Barito Timur (https://esign.baritotimurkab.go.id/).


Melalui kesempatan itu Diskominfo Kabupaten Tabalong melalui Zainal Hakim, S.Sos mengucapkan banyak terima kasih kepada Kepala Diskominfosantik Kabupaten Barito Timur, yang telah menerima kunjungan dan serta memberikan pembelajaran ini.  “Banyak penjelasan tahapan pengelolaan stastistik sektoral dan persandian di Kabupaten Barito Timur yang bisa di adaptasi/adopsi, besar harapan ke depan kunjungan ini menjadi kerjasama berkelanjutan diantara Kabupaten yang bertetangga dekat,” kata Zainal. (Ari)