SAJIKAN DATA STATISTIK SEKTORAL, DISKOMINFOSANTIK BARTIM LUNCURKAN BUKU

Last Updated: 19 August 2021
Hits: 65

Penyerahan Buku Statistik Sektoral Kab. Barito Timur ke Wakil Bupati

Kepala Bidang Persandian dan Statistik Dinas Kominikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Barito Timur, Ari Upo Pahandrian Migang, ST (kanan), didampingi oleh Kepala Seksi Pengelolaan Statistik Fredisen Madianu, S.Kom (kiri) menyerahkan buku Buku Statistik Sektoral Kabupaten Barito Timur 2021 kepada Wakil Bupati Barito Timur Habib Said Abdul Saleh (tengah), beberapa waktu lalu.

 

TAMIANG LAYANG- Pemerintah Kabupaten Barito Timur memanjakan masyarakatnya, salah satunya dengan cara menyajikan data  statistik, yang bersumber dari kompilasi data-data statistik sektoral, di Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Barito Timur tahun 2020. “ Data tersebut kita sajikan melalui sebuah buku berjudul Statistik Sektoral Kabupaten Barito Timur 2021,” kata Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Barito Timur Drs Dwi Aryanto, melalui Kepala Bidang Persandian dan Statistik, Ari Opu Pahandrian Migang, ST.

Ari menjelaskan, buku  “Statistik Sektoral Kabupaten Barito Timur 2021” merupakan buku yang diterbitkan secara berkala oleh Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik Kabupaten Barito Timur. Buku ini menyajikan data yang bersumber dari kompilasi data-data statistik sektoral di Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Barito Timur dan instansi lain sampai tahun 2020.

Lebih jauh Kepala Bidang Persandian dan Statistik ini menjelaskan buku “Statistik Sektoral Kabupaten Barito Timur 2021” telah memiliki kode batang ISBN (International Standard Book Number), sehingga terdaftar perpustakaan nasional, buku ini diterbitkan setiap tahun dan berisi data-data bersumber dari Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD)   Kabupaten Barito Timur dan Instansi Vertikal seperti Kepolisian Resort Kabupaten Barito Timur, BPJS, Kementrian Agama, dan lain-lain. Data-data tersebut dapat digunakan dalam perencanaan dan evaluasi pembangunan di Kabupaten Barito Timur.   Buku tersebut juga bertujuan untuk memperkuat Sistem Statistik Nasional (SSN) sehingga dalam setiap pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pemerintah dapat mengacu kepada data-data yang sudah tersedia dari  seluruh SOPD di Kabupaten Barito Timur.

Namun sayang ujar Ari, tahun 2021 buku “Statistik Sektoral Kabupaten Barito Timur 2021”  ini dicetak terbatas, hal ini disebabkan karena keterbatasan anggaran yang tersedia. “ Tapi untuk file sofcopy dapat dibaca dan diunduh secara gratis pada link: https://statistik.baritotimurkab.go.id/publikasi,” jelasnya.

Melalui kesempatan itu Ari memberikan penghargaan dan ucapan terima kasih yang tulus kepada segenap instansi pemerintah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Timur, yang telah berkenan menyampaikan data dan informasi hingga terwujudnya buku ini. “Kerjasama yang telah terbina selama ini, senantiasa kami ingin terus tingkatkan di masa mendatang,” harapnya.

Dijelaskannya, buku tersebut tentunya masih mengandung berbagai keterbatasan. Ia pun meminta kritik dan saran dari semua pihak.  “Kritik dan saran dapat dialamatkan ke: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.,” harapnya. (wayan cakre-diskominfoantikkabbartim)